Download Aplikasi Label Undangan Excel

Aplikasi Label Undangan Excel – Teknologi sekarang ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Hampir segala hal bisa dilakukan secara digital. Salah satunya adalah membuat label undangan.

Bagi orang awam, membuat label undangan mungkin terlihat sulit. Namun, ternyata cara membuatnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan fitur Microsoft Excel yang ada di perangkat komputer. Penasaran?

Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mencetak label undangan ini. Jadi, nantinya Anda akan lebih muda saat mencetak label yang sudah dibuat secara otomatis.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencetak label dengan kertas label polos maupun bermotif.

Label undangan ini biasanya digunakan pada kartu undangan, tasyakuran, pernikahan, khitanan, dan berbagai acara lain yang membutuhkan undangan.

Download aplikasi label undangan Excel juga sangat mudah. Anda bisa menemukan aplikasinya di mesin pencarian dan mengunduhnya. Aplikasi Excel bisa digunakan untuk mencetak label undangan berbagai ukuran.

Akan tetapi, jika Anda bingung harus menggunakan ukuran label yang mana, maka Anda bisa memilih kertas label yang bernomor 121 atau 103. Kertas label ukuran tersebut mudah ditemukan di berbagai toko stationary.

Aplikasi label undangan Excel adalah aplikasi dibuat menggunakan produk Microsoft Office, yaitu Excel dengan menggunakan format label undangan 103 dan 121.

Namun nyatanya, aplikasi ini tidak hanya sebatas penggunakan rumus formula saja, tetapi juga terdapat scrip-scrip bahasa pemograman, yaitu Microsoft Visual Basic for Applications atau VBA.

Keunggulan aplikasi Excel adalah ringan dan tidak membutuhkan banyak runag penyimpanan. Selain itu, format yang digunakan adalah ‘exe.’

Cara Membuat Label Undangan 121 atau 103

Kelebihan Aplikasi Label Undangan Excel

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan aplikasi Excel untuk membuat label undangan.

1. Input Data dengan Mudah

Anda dapat menginput data, seperti nama dan alamat dengan mudah serta tidak membutuhkan settingan khusus.

Cara adalah dengan mengetik nama yang diinginkan dan nanti akan muncul secara otomatis sesuai dengan nomor urutnya. Jika Anda sebelumnya sudah membuat daftar, maka Anda hanya perlu copy-paste saja.

2. Susunan Label Rapi

Apabila nama dan alamat telah disusun dengan rapi, maka Anda hanya perlu menyesuaikan dengan pola kertas labelnya. Gunakan kertas label nomor 121 atau 103 dengan isi 12 label per lembarnya.

Disarankan untuk menggunakan printes tipe Epson Seri L120 untuk hasil yang rapi.

3. Keterangan Cetak yang Sangat Lengkap

Aplikasi Excel menyediakan fitur keterangan cetak yang sangat lengkap. Anda bisa melihat proses cetak, preview, tombol print, dan juga memilih tipe printer yang digunakan. Jadi, Anda tidak perlu repot mengklik banyak fitur.

Baca juga:

Cara Menggunakan Aplikasi Label Undangan Excel

Berikut ini adalah tata cara untuk menggunakan aplikasi label undangan Excel.

  1. Ubah pengaturan menjadi default printer pada printer yang akan digunakan untuk mencetak label.
  2. Buka aplikasi Excel dengan nama file “Nama-Undangan.xlsm”
  3. Klik enable content saat muncul pernyataan ‘Security Warning’ karena file tersebut mengandung macro. Jika pernyataan tersebut tidakk muncul, maka Anda bisa melakukan enable content secara manual. Setiap versi Microsoft Office mempunyai pengaturan yang berbeda. Jadi, Anda perlu mengetahui cara untuk melakukan tahapan ini. Pastikan Micro Excel sudah dalam kondisi yang enable.
    sistem proteksi ms excel
    tisucoding.com
  4. Setelah file dibuka, maka akan muncul dua sheet. Sheet pertama digunakan untuk mencetak label undangan, sedangkan sheet kedua digunakan untuk memasukkan daftar nama dan keterangan yang akan dimasukkan ke dalam label undangan. Tulislah keterangan tersebut sesuai dengan ketentuan yang tertera.
    lembar aplikasi label undangan excel
    masinu.net
  5. Jika bagian tersebut sudah diisi semuanya, silahkan klik Shee1 untuk bisa mencetak label undangan. Nantinya akan muncul tiga tombol, yaitu reset yang digunakan untuk mengisi lembar sheet, next utnuk mengisi lembar sheet di halaman berikutnya, dan print untukk mencetak label undangan melalui printer yang sebelumnya sudah disetting.
  6. Sederhananya cara menggunakan aplikasi label undangan Excel adalah sebagai berikut.

Klik Reset – letakkan label T&J ke printer yang digunakan – klik print – tunggu beberapa waktu – klik next – letakkan label selanjutnya – klik print – tunggu. Begitu seterusnya hingga seluruh label undangan dapat dicetak.

Itulah tata cara untuk menggunakan aplikasi label undangan Excel. Sangat mudah, bukan? Download aplikasi undangan Excel segera dan cobalah sendiri.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan jasa percetakan untuk membuat label undangan sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Excel ini juga dapat digunakan untuk mencetak label lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin menggunakan kertas label selain yang berukurann 121 atau 103, maka Anda perlu mengubah settingan printer terlebih dahulu supaya label yang dicetak bisa sesuai.

Silahkan klik download contoh template aplikasi undangan label Excel terbaru di bawah ini.

Download

Anda bisa melakukan percobaan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan cara yang sudah dijelaskan. Selamat mencoba!

Leave a Comment