Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

10 Aplikasi Kompres Video Terbaik di PC dan Android

5 min read

aplikasi kompres video gratis
Beberapa aplikasi kompres video ini akan membantu Anda dalam mengecilkan ukuran video. Tidak hanya pada perangkat PC saja, tapi dengan Hp Android pun bisa.

Tisucoding.comAplikasi kompres video tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi Anda, terutama untuk mengurangi ukuran dari video berukuran besar jadi kecil.

Cara penggunaan aplikasi ini juga tergolong sangat mudah karena tersedia pada perangkat PC maupun smartphone. Tugas Anda hanyalah menyesuaikan perangkat yang digunakan dna memilih.

Selain meringankan Anda dalam masalah penyimpanan, kompres video juga akan membantu Anda mendapatkan video terbaik berkualitas untuk mengisi konten.

Daftar Aplikasi Kompres Video Online dan Offline

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi kompres video untuk PC dan android terbaik:

1. Video Compress

Aplikasi Video Compress

Video Compress adalah aplikasi kompres video atau aplikasi pengecil ukuran video di android yang mana sangat populer. Aplikasi ini bisa kompres video dengan kualitas rendah, normal sampai video dengan kualitas tinggi sekalipun.

Video Compress pun memiliki tampilan interface yang mana tergolong friendly dan sangat mudah untuk Anda gunakan. Bukan sekadar itu, aplikasi ini juga mendukung kompres video ke dalam berbagai macam jenis format.

Anda pun dapat melakukan convert video dengan menggunakan satu aplikasi sama.

Detail Informasi Video Compress
Developer Mel studio apps
Size 12M
OS Minimal Android 4.0
Rating 4,2 (Google Play)
Jumlah Download 5,000,000+

2. Kecilkan Video & Film

Aplikasi Kompres Video

Aplikasi Kecilkan Video & Film adalah salah satu aplikasi video atau film yang mana bisa Anda gunakan untuk mengkompresi ukuran video tanpa mengurangi kualitas.

Cara memperkecil ukuran video dengan menggunakan aplikasi ini sangat simpel dan mudah, yakni cukup dengan memilih video maupun film pada galeri dan lakukan kompres ukuran pada video tersebut.

Kecilkan Video & Film didukung dengan adanya teknologi kompresi high-end, sehingga kompres film maupun video bisa dilakukan dengan fast compress dan mudah, bahkan juga masalah kualitas video tidak perlu Anda ragukan lagi.

Bahkan jenis ukuran film dan format sudah dibekalkan pada aplikasi satu ini. Jika Anda pengguna Android maka bisa download pada play store untuk menggunakannya

Detail Informasi Kecilkan Video & Film
Developer Sociosoftware
Size 29M
OS Minimal Android 4.0
Rating 3,6 (Google Play)
Jumlah Download 100.000+

3. VidTrim – Video Editor

VidTrim aplikasi kompres

VidTrim selain bisa digunakan sebagai aplikasi convert video, Anda pun dapat memanfaatkannya untuk kompres sekaligus edit video. Dari aplikasi yang sama Anda dapat dengan mudah melakukan konversi video pada file audio tanpa mengurangi kualitas.

Berbicara mengenai kualitas pastinya nantinya akan jadi hal yang tergolong sangat menarik bukan? Sebab kualitas dari video Anda tidak akan kacau. Langsung saja yuk berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mengompres video menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan Kekurangan
Bisa melakukan proses convert dari video ke audio Sering crash pada beberapa jenis HP tertentu.
Kualitas dari konversi tergolong terbaik.

4. YouCut Editor

YouCut Editor Video Kompres

Salah satu aplikasi untuk kompres video terbaik yang mana cukup rekomendasi yakni YouCut. Sebenarnya aplikasi YouCut juga dikenal sebagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video, namun tetap dapat dipakai kompres video dengan size besar.

Aplikasi ini digadang-gadang bisa mampu mengurangi ukuran dari video bahkan hingga 80%.

Aplikasi ini pun didukung dengan banyak fitur keren lainnya yang mana akan membantu Anda memakai untuk edit video misalnya saja Video Speed Control, Slideshow Maker dan Cutter & Trimmer.

Detail Informasi YouCut Editor
Developer InShot Inc.
Size 24M
OS Minimal Android 4.3
Rating 4,8 (Google Play)
Jumlah Download 10,000,000+

5. Video Converter Android

Aplikasi Video Converter Android

Video Converter Android sepertinya jadi salah satu pilihan aplikasi untuk para pengguna yang membutuhkan cara mudah mengubah beberapa format video.

Selain bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan konten, Anda juga bisa menggunakannya untuk aktivitas lainnya yakni menonton video melalui ponsel, namun formatnya rusak atau tidak bisa dibuka maka solusinya bisa dengan aplikasi ini.

Anda perlu melakukan konversi dari aplikasi satu ini. Ada banyak sekali jenis format yang bisa Anda pilih untuk mengganti video tersebut yakni format MP4 dan juga MP3.

Masalah kualitas Anda tidak perlu merasa khawatir lagi sebab kualitasnya tetap sama dengan video sebelumnya.

Dari aplikasi yang sama para pengguna dapat melakukan berbagai macam pengecekan yang berkaitan dengan informasi secara lengkap.

Misalkan saja data mengenai video tersebut juga bisa mudah dilihat menggunakan fitur pemindai. Bagaimana cukup menarik bukan?

Detail Informasi Video Converter Android
Developer roman10
Size 1.9M
OS Minimal Android 2.3
Rating 3,6 (Google Play)
Jumlah Download 10,000,000+

6. VideoPad – Video Editor

VideoPad Aplikasi video kompres

Dalam aplikasi VideoPad – Video Editor, terdapat banyak sekali fitur yang mana disediakan oleh aplikasi agar dapat membantu para pengguna melakukan pengeditan pada video sesuai keinginan maupun kebutuhannya.

Misalnya saja yakni merotasi video, mengatur jarak di antara video, memotong video, zoom video sampai memperbesar suara.

Cara yang digunakan juga tergolong sangat mudah, sebab Anda cukup memasukkan video yang mana nantinya hendak dikompres, kemudian mulai encode jika Anda hendak menyimpan ulang video yang sudah dikompres. Jika ingin mengompres video tanpa mengurangi kualitas, maka gunakanlah aplikasi ini.

Detail Informasi VideoPad
Developer NCH Software
Size 8.7M
OS Minimal Android 2.3.3
Rating 2,9 (Google Play)
Jumlah Download 1,000,000+

7. HandBrake

kompres video online

Aplikasi kompres video pada perangkat PC yang dapat Anda pilih, bahkan  telah terbukti baik yakni HandBrake. Aplikasi satu ini termasuk open source dan sudah banyak digunakan untuk melakukan pengecilan ukuran video tanpa harus mengurangi kualitas video secara signifikan dan proses kompresi cukup cepat.

Dari aplikasi HandBrake Anda bisa mengubah jenis format video apapun jadi format lainnya. Menarik  bukan?

Perangkat PC dengan Windows, Mac, dan Linux tetap bisa dengan mudah menggunakannya. Jadi tidak perlu merasa khawatir perangkat jenis PC apa yang dimiliki.

Tersedia banyak sekali pilihan di Output Settings agar bisa menentukan hasil kompres yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

8. VidCompact

Aplikasi Vid Compact Gratis

Aplikasi kompres video kedelapan dan direkomendasi untuk Anda pilih adalah Vid Compact. Selain dapat digunakan Anda untuk mengubah file video jadi format MP3, VidCompact pun memiliki fitur kompres pada video berukuran.

Bukan sekadar itu saja, aplikasi VidCompact bahkan juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur pengeditan video dasar dan tergolong cukup berguna. Beberapa fitur tersebut adalah fitur memotong video, fitur memutar rotasi dan lainnya.

Apabila Anda saat ini sedang mencari aplikasi untuk kompres video yang mana memiliki banyak fitur, maka aplikasi kompresor video yang satu ini juga dapat dijadikan pilihan tepat.

Detail Informasi VidCompact
Developer VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc
Size 16M
OS Minimal Android 4.0.3
Rating 4,6 (Google Play)
Jumlah Download 10,000,000+

9. AConvert

aplikasi kompres video pc

AConvert, aplikasi kompres video tanpa perlu menginstall aplikasi di PC, laptop maupun di android, karena aplikasi ini bersifat online. Dan seperti halnya dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan kompres video saja, namun juga convert video.

Sebagai salah satu aplikasi Hp Android Anda pun dapat melakukan convert video menggunakan perangkat Android. Ukurannya bahkan tergolong kecil yakni hanya 8.0 MB saja.

Bagaimana sangat cocok bukan jika saat ini perangkat Anda memiliki ruangan penyimpanan sedikit? Hal ini jadi salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Langsung saja unduh pada play store ya!

10. Video Smaller

Video Smaller aplikasi kompres online

VideoSmaller merupakan layanan gratis di mana akan memungkinkan Anda untuk melakukan kompres atau mengurangi ukuran dari file video secara online tanpa menginstall aplikasi.

Meskipun dikompres Anda tidak perlu merasa khawatir sebab kualitas dari video tidak akan hilang.

Anda hanya akan mengurangi ukuran file video serta membuat file video jadi lebih kecil. Cara kompres juga mudah untuk jenis video MP4 di mana diambil pada perangkat Android atau iPhone saja.

Cara mengecilkan ukuran video secara online ini tinggal pilih file video yang dikehendaki dan klik tombol pada opsi “Unggah Video“. Hal ini mungkin akan membutuhkan waktu dan bergantung pada panjang video.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi bukan, cara mengecilkan ukuran video? Nah, bagi Anda yang suka dengan aktivitas videografi bisa memanfaatkan beberapa aplikasi kompres video yang ada di atas, sehingga ada banyak video yang bisa disimpan meskipun ruang penyimpanan kecil.

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi