6 Daftar Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis

Beberapa aplikasi edit video pada perangkat PC ini memiliki fitur beragam dan keunggulannya masing-masing. Berikut penjelasannya!

Tisucoding.com – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat kini mulai banyak bermunculan pekerjaan baru di bidang ini. Pekerjaan tersebut di antaranya adalah content creator, content writer, influencer, vlogger, Youtuber, dan lainnya.

Nah salah satu hal yang mendukung keberhasilan mereka adalah jenis konten yang berkualitas dan menarik mulai dari konten gambar, tulisan, bahkan juga video.

Selain ada banyak kamera yang bisa dipilih, hasil video terbaik juga bisa didapatkan melalui aplikasi edit video di PC. Kini aplikasi edit video juga bisa digunakan lewat perangkat PC ataupun smartphone.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC ringan dan juga ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan masing-masing, sehingga Anda pun dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Aplikasi Edit Video PC Ringan

1. AVS Video Editor

AVS Video Editor

Jika Anda saat ini sedang mencari aplikasi edit video untuk Laptop atau PC, sepertinya AVS Video Editor menjadi salah satu pilihan aplikasi yang bisa Anda pilih.

Pasalnya aplikasi ini mempunyai kapasitas yang tergolong cukup ringan untuk Anda gunakan sebagai software editing video untuk kebutuhan konten dan kebutuhan edit video lainnya.

Software AVS Video Editor sendiri juga menyuguhkan berbagai macam keunggulan yang mana bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi satu ini.

Salah satunya adalah fitur Video Cache, di mana Anda dan para pengguna lainnya bisa lebih mudah dalam melakukan edit atau menyunting video dengan resolusi Full-HD. Proses ini akan lebih cepat serta lancar tanpa harus ada hambatan.

Tidak sampai disitu saja ya, aplikasi edit video PC ringan seperti AVS Video Editor pun dibekali dengan berbagai macam fitur penunjang yang lainnya seperti halnya dengan  aktivitas memisahkan video, memberikan teks, menyematkan audio, memotong maupun menyematkan video yang nantinya akan Anda edit.

Aplikasi AVS Video Editor juga mempersiapkan kurang lebih sekitar 300 efek serta transisi yang mana bisa dimanfaatkan untuk memberikan sensasi video menarik serta kreatif. Bagaimana apakah Anda mau mencobanya? Jika iya maka bisa langsung download aplikasi nya.

Spesifikasi MinimalAVS Video Editor
Operating SystemWindows 10/8.x
ProcessorDual core or AMD equivalent
Memory2 GB or higher
Graphics1GB VRAM
Storage1GB

Untuk mendapatkannya, silahkan download aplikasi edit video PC gratis terbaik dengan cara klik link di bawah ini.

Download

2. Corel VideoStudio Ultimate

corel video studio

Salah satu aplikasi aplikasi edit video sederhana dan mudah lainnya adalah Corel Video Studio Ultimate. Aplikasi Corel Video Studio Ultimate juga bisa Anda pilih sebagai aplikasi untuk mengedit video.

Jika Anda pemula maka aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk dimiliki sebab ada banyak sekali peralatan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat video sesuai kebutuhan.

Pada aplikasi berbayar ada cukup banyak dukung video yang mana lebih luas yakni mulai dari video 360, 3D, sampai video 4K.

Bukan hanya itu saja aplikasi Corel VideoStudio secara native mendukung laptop maupun komputer 64 bit, dan juga mendukung Video bentuk HTML 5. Bagaimana cukup lengkap bukan untuk aplikasi edit video pada perangkat PC atau Laptop?

Spesifikasi MinimalCorel Video Studio Ultimate
Operating SystemWindows 10, Windows 8
ProcessorIntel Core Duo 1.8 GHz
Memory2 GB or higher
Graphics512 MB VRAM
Storage6 GB
Download

3. Cyberlink PowerDirector

editor video pc

Sama dengan beberapa aplikasi edit video PC ringan sebelumnya yang tersedia dengan versi berbayar. Aplikasi CyberLink PowerDirector sepertinya juga dapat Anda jadikan salah satu aplikasi edit video terbaik untuk PC.

Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi untuk editor video dimana tergolong cukup ringan dan cocok untuk pemula.

Aplikasi edit video untuk PC satu ini mempunyai proses render yang mana tergolong cepat, bahkan juga disongkong dengan adanya berbagai macam perlengkapan. Perlengkapan yang ada di dalamnya mudah dioperasikan, sehingga sangat membantu Anda jika masih pemula.

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi yakni sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur editing pada video 360. Nah di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang lainnya:

Kelebihan:

  • Aplikasi edit video PC ringan seperti Cyberlink Power Director menyediakan timeline yang mana dibutuhkan untuk mendukung fungsi-fungsi tingkat atau advanced dan juga efek bagus.
  • Setting atau option otomatis bahkan juga telah disediakan pada aplikasi ini untuk menunjang kebutuhan efek gambar serta video.
  • Jika Anda ingin melakukan rekaman yang mana berasa dari kamera digital, maka bisa capture mpeg 1 dan 2 untuk vcd langsung tanpa perlu render. Selain itu aplikasi yang satu ini juga bisa capture melalui USB yakni windows xp sp2 secara realtime.

Kekurangan:

  • Fungsi pada bagian Title yang ada di Aplikasi edit video PC gratis ini tergolong sedikit dan edit options memiliki tampilan sangat sederhana sehingga dirasa masih perlu mengalami perbaikan. Perbaikan pun juga perlu dilakukan di bagian fungsi-fungsi suara.
  • Tidak terdapat ekspor adegan chaptermark, jadi nantinya Anda diharuskan menempatkan sendiri chapter mark di Producer.
  • Menu teranimasi pun tidak dikuasai pada versi Express ini, kemampuan yang satu ini sangat terbatas hanya saja untuk membuat VCDplus tidak diedit mungkin masih bisa.
Spesifikasi MinimalCyberlink PowerDirector
Operating SystemWindows 10, Windows 8.1
ProcessorIntel Core™ i-series or AMD Phenom® II
Memory4 GB or higher
Graphics1 GB VRAM
Storage2 GB
Download

4. Pinnacle Studio Ultimate

Pinnacle Studio Editor

Pinnacle Studio Ultimate merupakan sebuah aplikasi audio serta  Aplikasi edit video PC ringan terbaik. Pasalnya aplikasi ini mempunyai pola efek maupun fitur yang menarik dan dapat diterapkan pada video Anda ketika mengedit.

Versi yang ada pada Pinnacle Studio Ultimate paling baru adalah sudah support video 4K dan XAVC encoding serta format video yang lainnya. Ada kurang lebih dari 3000 efek serta transisi yang mana bisa digunakan pada aplikasi Pinnacle Studio ini.

Aplikasi Pinnacle Studio hampir sama dengan Adobe Premiere Pro yang mana penampilan lebih nyaman serta menarik. Hal ini sepertinya cocok untuk Anda yang mana ingin belajar editing video.

Mengedit audio maupun rekaman suara Anda akan terasa mudah hanya dengan menggunakan aplikasi ini, hanya impor kemudian edit yang mana ingin Anda ganti sesuai pada selera Anda.

Rekaman video yang berasal HP, kamera digital maupun perangkat refleks lainnya tentunya bisa Anda ubah dalam aplikasi ini secara mudah.

Kelebihan dari aplikasi edit video PC ringan gratis ini adalah editing video profesional, terutama bagian real-time 3D atau non-linier dari editing environment.

Dengan adanya tampilan interface maka akan semakin mudah digunakan. Selain itu ada beberapa fitur yakni fitur automatic scene detection, SmartSound, full-screen preview, SmartMovie,  dan background rendering.

Untuk fasilitas video maupun audio effect juga tergolong komplit sehingga membuat video editing Anda jadi lebih mudah serta menyenangkan.

Hasil render atau vcd tergolong bagus, lebih baik jika dibandingkan dengan media encoder premiere pro. Sedangkan untuk kekurangannya adalah Software ini sangat berat.

Spesifikasi MinimalPinnacle Studio Ultimate
Operating SystemWindows 10, Windows 8.x
ProcessorIntel Core Duo 1.8 GHz
Memory2 GB or higher
Graphics256MB VRAM
Storage8 GB
Download

5. Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video pc

Adobe merupakan satu perusahaan besar yang mana sudah menyajikan berbagai macam aplikasi yang diperlukan untuk kebutuhan multimedia, mulai dari grafis, edit majalah, pengembang website dan juga untuk edit video. Untuk aplikasi edit video dari Adobe ada Adobe Premiere.

Ada banyak versi yang diusung dari Adobe Premiere, diantaranya adalah Adobe Premiere Pro, Adobe Premiere CC, dan juga aplikasi edit video PC Adobe Premiere Pro. Masing-masing versi tentunya mempunyai fitur yang berbeda satu dengan lainnya.

Umumnya, Adobe Premiere jadi salah satu software tersendiri dari para editor video baik itu pemula ataupun dari kalangan profesional karena dengan software ini dapat menghasilkan video berkualitas tinggi.  Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Timeline yang ada di dalamnya berjumlah 99 kolom video serta 99 kolom audio
  • Langsung dapat Anda browse ke perangkat hard disk
  • Terdapat tambahan aplikasi untuk Adobe Media Encoder
  • Memiliki kinerja yang maksimal pada komputer maupun laptop 64 bit
  • Sudah didukung dengan Support HD
  • Dapat melakukan Auto save project
  • Terdapat Efek zooming
  • Tidak digunakan untuk unlock system
  • GUI terlihat lebih menarik serta keren
  • Hasil rendering terasa lebih cepat
  • Tidak mudah crash atau tergolong cukup stabil, dengan demikian nantinya pengalaman editing Anda akan sangat baik.
  • Mendukung pada sistem 64 bit, sehingga Anda dapat memanfaatkan beberapa jumlah ram lebih banyak agar bisa memaksimalkan proses pengeditan video di PC
  • Bisa melakukan time reverse atau juga membalik jalan video secara mudah dan cepat
  • Mendukung dengan format output yakni video HD
  • Fitur yang tersedia seperti auto save project yang mana bisa membantu Anda mengantisipasi listrik mati dan crash pada tengah jalan saat lupa save
  • Memiliki berbagai macam fitur rendering serta penggabungan video tanpa harus memasukkan suara di mana rata-rata tidak tersedia pada aplikasi lain
  • Bisa memilih output video edit di mana beragam misalnya MPEG-2 atau Avi.

Kekurangan

  • Salah satu kekurangan yang ada pada aplikasi Adobe Premiere yakni masalah pembelajaran yang mana tergolong tidak mudah. Jika Anda ingin jadi Adobe Premiere, maka Anda akan membutuhkan waktu mempelajarinya secara serius
  • Mempunyai ukuran instalasi yang tergolong besar sehingga nantinya akan memakai banyak ruang pada hardisk
  • Aplikasi ini memiliki lisensi, jadi untuk menggunakannya Anda perlu membeli lisensinya yang ada. Sayangnya, bagi ukuran kantong mahasiswa, harga dari lisensi yang mana diberikan tergolong cukup mahal. Ahkan lisensi juga perlu diperbarui setiap bulannya
  • Aplikasi ini memerlukan spesifikasi komputer yang mana berada di rentang medium hingga high-end. Jadi hal ini akan cukup wajar mengingat kemampuan yang akan dimilikinya pada editing video
  • Tidak ada full screen preview
  • Tidak bisa menyimpan file video secara langsung dan harus lewat proses rendering.
Spesifikasi MinimalAdobe Premiere Pro
Operating SystemMicrosoft Windows 10 (64-bit) version 1803 or later
ProcessorIntel® 6thGen or newer CPU – or AMD equivalent
Memory8 GB of RAM
GraphicsnVidia GeForce GTX 1050 or equivalent
Storage 8GB

Jadi langsung saja, download aplikasi edit video terbaik untuk PC di bawah ini.

Download

6. Windows MultiMedia Player

Windows media player

Aplikasi edit video pc

Nikmati semua film maupun lagu favorit Anda, sambil melakukan pengaturan di perpustakaan media sepertinya jadi salah satu media player yang mana paling umum dipakai dan juga populer.

Microsoft Windows Media Player sendiri menjadi salah satu aplikasi terkenal yang mana tergabung di sistem operasi Windows. Aplikasi ini menyediakan menawarkan cara memutar serta mengelola file dari multimedia secara efektif.

Windows Media Player bisa Anda jadikan alternatif pilihan tepat jika sedang mencari multimedia player yang mana memberikan kemudahan ketikan digunakan dan terintegrasi mulus pada sistem operasi Windows.

Aplikasi edit video PC free yang satu ini menawarkan lebih dari fungsi pemutaran sederhana karena Windows Media Player dapat digunakan untuk mengedit video. Nah, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

Anda dan para pengguna lainnya bisa dengan mudah membuat film sendiri saat di rumah secara mudah dan juga sederhana ketika menggunakan software edit video PC Windows Multi Media Player.

Perangkat lunak satu ini juga memiliki berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan, misalnya saja efek serta transisi video, teks, dan juga audio track.

Bukan hanya itu saja ternyata juga masih adalah timeline narration. Terlebih lagi, untuk efek baru serta transisi juga bisa ditambahkan dan juga dapat diubah menggunakan kode XML.  Dan lagi, aplikasi edit video gratis yang satu ini sangat ringan untuk PC dan laptop Anda. Cukup menarik bukan?

Kekurangan:

Selain memiliki kelebihan Aplikasi edit video PC ini juga memiliki  beberapa kekurangan dimana Anda tidak bisa secara langsung menyimpan hasil editan dari video yang mana sebelum Anda sudah ‘membakarnya atau burning lewat DVD dahulu, Fitur yang ada juga sepertinya tidak selengkap dari pada software lainnya.

Free download aplikasi edit video PC satu ini dengan cara klik link di bawah ini sekarang juga.

Download

Di atas tadi adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik termasuk dengan kelebihan dan kekurangannya. Anda pun bisa memilih salah satu yang dirasa paling bagus dan juga mendukung aktivitas edit video.

Sedangkan untuk software edit video profesional menggunakan android, silahkan kunjungi artikel aplikasi edit video android. Terima kasih

Leave a Comment