Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

10 Aplikasi Edit Musik Untuk PC dan Android Gratis

5 min read

aplikasi edit musik gratis
Ingin mengedit lagu sesuai keinginan sendiri, tapi bingung? Jangan khawatir, karena kini ada aplikasi edit musik/audio yang dapat Anda coba!

Tisucoding.com – Musik merupakan salah satu media untuk menuangkan inspirasi maupun cara bagi seseorang untuk mengekspresikan dirinya melalui proses menciptakan musik.

Dalam proses penciptaan tersebut, seseorang tidak akan lepas dari proses edit yang mengandalkan aplikasi edit musik. Di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk edit musik Mp3 terbaik di android dan Pc untuk Anda, pecinta musik.

Daftar Aplikasi Edit Musik Terbaik

1. Music Maker JAM

aplikasi edit musik gratis

Music Maker Jam merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk menciptakan musik secara langsung melalui perangkat Android.

Selain itu, pengguna aplikasi ini juga dapat mendengarkan komposisi lagu dari pengguna lain serta membagikan lagu yang dibuat dengan pengguna lainnya.

Aplikasi keren ini menyediakan lebih dari 200 paket gaya musik yang dapat dikerjakan oleh penggunanya. Aplikasi ini juga menyediakan mixer 8 pita yang memungkinkan penggunanya untuk mix lagu dan merekam musik secara langsung dari perangkat Android.

Dengan kata lain, aplikasi ini menyediakan kemudahan, sementara penggunanya hanya membutuhkan bakat dan sedikit waktu untuk menciptakan musik. Lagu yang diedit menggunakan aplikasi ini pastilah bagus hasilnya. Silahkan download aplikasi edit lagu untuk Hp android dibawah ini.

Detail Music Maker JAM – Beat & Loop Mixer
Developer JAM Just Add Music GmbH
OS Minimal Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Size Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Download 10,000,000+
Rating 4,6 (Google Play)

2. Audacity

aplikasi edit musik gratis

Audacity adalah aplikasi pemberi efek suara yang bersifat open source dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi.

Aplikasi yang dikembangkan oleh The Audacity Team ini dirilis untuk pertama kalinya pada 28 Mei tahun 2000. Aplikasi ini tersedia dalam lebih dari 20 bahasa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengoreksi berkas suara tertentu maupun untuk berkreasi dengan sekedar menambahkan efek yang disediakan.

Selain itu, fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan suara sendiri.

Kelebihan utama Audacity adalah kestabilan dan fiturnya. Aplikasi ini tidak menggunakan terlalu banyak pustaka sehingga waktu tunggunya pun tidak terlalu lama.

Sayangnya, aplikasi yang satu ini memiliki antarmuka yang sedikit kaku jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis di sistem operasi lain.

3. Music Speed Changer

Music editor terbaik

Bagi Anda yang senang mengubah nada serta kecepatan dari sebuah lagu, Music Speed Changer adalah aplikasi yang tepat.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengurangi maupun menambahkan lebih dari dua puluh nada-nada yang berbeda maupun semitones.

Selain itu, pengguna juga dapat mengubah kecepatan atau tempo audio antara 10 persen dan 500 persen dari kecepatan aslinya. Aplikasi yang ini memungkinkan penggunanya untuk membuka setiap format audio dengan praktis.

Pengguna dapat mengedit berkas atau file kemudian menyimpan perubahan yang telah dibuat dengan format MP3 sehingga dapat dimainkan menggunakan aplikasi pemutar audio atau menggunakan smartphone.

Dari segi interface atau antarmuka, aplikasi ini cukup elegan dan sederhana yang akan memudahkan penggunanya untuk menguasai semua fitur dalam waktu singkat.

Detail Music Speed Changer
Developer Single Minded Productions, LLC
OS Minimal Android 4.4
Size 11M
Download 5,000,000+
Rating 4,8 (Google Play)

4. Mp3 SPLT

aplikasi edit musik

MP3 SPLT merupakan pemotong berkas audio yang mendukung format MP3, FLAC dan Ogg Vorbis tanpa melalui proses decoding atau recompressing.

Editor musik yang dikembangkan oleh Mp3splt Project Team ini dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X.

5. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free

Power Sound Editor merupakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan serangkaian peralatan terpadu atau terintegrasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal dalam penyuntingan serta konversi berkas-berkas suara dari sebuah antarmuka.

Program ini memiliki banyak fungsi seperti memodifikasi suara dari berkas atau file yang memang sudah ada.

Namun, program ini juga dapat membuat berkas baru dari rekaman maupun pengenalan teks, serta mengubah format berkas-berkas ke format yang lain.

Aplikasi Power Sound Editor gratis ini menyediakan fitur merekam CD audio, mengonversi CD ke MP3, menyunting tag ID3, serta menganalisis frekuensi suatu berkas.

Program ini juga memiliki dukungan konversi berkas suara ke format dan filter populer untuk mengurangi gangguan pada berkas atau file audio dengan kekurangan akustik.

Dengan program ini, pengguna dapat merekam suara, musik, maupun berkas audio sendiri, menyunting dan mencampur dengan audio atau bagian musik lainnya.

6. Qtractor

Qtractor aplikasi musik pc

Qtractor merupakan perangkat lunak open source gratis yang dapat digunakan oleh para profesional. Qtractor adalah aplikasi sequencer multi-track audio dan atau MIDI yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C++ serta menggunakan Qt framework.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Linux dan menggunnakan JACK atau Jack Audio Connection Kit untuk audio serta ALSA atau Advanced Linux Sound Architecture untuk MIDI dan didedikasikan untuk studio rumahan.

Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur seperti undo dan redo yang tidak terbatas, multi-select, drag-and-drop, loop recording, kontrol koneksi terintegrasi, multi-track tape recorder, kontrol layar MMC, penanda lokasi tak terbatas dan sinkronisasi transport Jack Audio Connection Kit. Untuk link download Qtractor ada dibawah ini.

7. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor terbaik

Lexis Audio Editor adalah software yang mendukung multiplatform. Aplikasi edit audio yang dikembangkan oleh Pamsys ini tersedia dalam bahasa Inggris dan tersedia untuk pengguna dengan sistem operasi Windows 10 dan yang terbaru adalah versi mobile.

Detail Lexis Audio Editor
Developer pamsys
OS Minimal Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Size Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Download 5,000,000+
Rating 4,5 (Google Play)

8. DJ Audio Editor

Free DJ Audio Editor

Perangkat lunak editor audio dengan fitur lengkap salah satunya adalah DJ Audio Editor. Aplikasi ini tak hanya menawarkan fitur yang lengkap untuk edit audio, tetapi juga cocok untuk semua format audio.

DJ Audio Editor menawarkan begitu banyak filter galeri yang dapat digunakan dalam proses pengeditan untuk memberikan efek baru pada musik.

Pasalnya aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit lagu, membuat, dan menyimpan semua berkas atau file audio dengan kualitas profesional. Karena hal inilah pengguna aplikasi ini dapat mengekstrak berkas audio menjadi bagian-bagian kecil.

Salah satu kelebihan dan fitur utama dari aplikasi ini adalah pengguna dapat memperbesar bagian trek yang dibutuhkan sehingga proses pengeditan lagu dapat dilakukan dengan akurat dan cepat.

DJ Audio Editor dilengkapi dengan antarmuka yang mirip dengan Audacity dan memiliki perintah ‘urung’ dan ‘ulangi’ sehingga pengguna dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan selama proses mengedit. Aplikasi keren ini dapat menghasilkan musik bagus ala DJ.

9. Wavosaur

Wavosaur music editor

Wavosaur adalah salah satu di antara berbagai perangkat lunak audio editor gratis yang ada. Perangkat ini mendukung file atau berkas VST dan memungkinkan penggunanya untuk mengatur serta mengedit trek-trek dari beberapa format.

Uniknya, perangkat ini sama sekali tidak perlu diinstal.

Dengan perangkat ini, pengguna dapat menyalin, memotong dan menggabungkan lagu, menempelkan serta memindahkan setiap bagian dari trek audio yang dipilih sehingga pengguna dapat menghapus segala kerusakan. Dan tentu saja aplikasi ini memungkinkan untuk menggabungkan beberapa lagu sesuai keinginan Anda.

Perangkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk menormalkan serta memperbarui setiap trek, menerapkan efek VST serta menghasilkan statistik-statistik maupun mengirim data sebagai berkas teks. Silahkan download aplikasi Wavosaur dibawah ini:

10. Mp3 Cutter

Mp3 Cutter aplikasi edit musik

Aplikasi edit lagu yang terakhir adalah MP3 Cutter. Aplikasi ini merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat musik atau nada dering (Ringtone Maker). Misalnya dengan menggunakan lagu-lagu yang telah disimpan di dalam memori perangkat Android.

Untuk membuat nada dering, pengguna harus memilih lagu yang ingin digunakan terlebih dahulu kemudian menandai rentang lagu yang ingin dimainkan.

Aplikasi Mp3 cutter and Ringtone maker ini sangat praktis karena tahapan memilih dan menandai rentang lagu dapat dilakukan dengan praktis dan cepat hanya dengan beberapa sentuhan.

Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan hasilnya pada perangkat smartphone android untuk digunakan sebagai nada dering, pengingat dan lain sebagainya.

Detail MP3 Cutter – Aplikasi Edit Musik
Developer accountlab
OS Minimal Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Size Bervariasi (berdasarkan perangkat)
Download 10,000,000+
Rating 4,6 (Google Play)

Itu tadi beberapa rekomendasi dari Tisucoding.com mengenai aplikasi edit musik atau audio yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi