Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Aplikasi / 10 Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran Terbaik

10 Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran Terbaik

Seiring perkembangan teknologi, aplikasi cetak foto berbagai ukuran juga semakin beragam. Menariknya lagi, pengguna bisa memilih salah satu software terbaik sesuai dengan perangkat yang digunakan, baik itu komputer, laptop, tablet, hp, hingga kamera digital.

Dengan bermodalkan perangkat yang dimiliki dan sebuah printer, sekarang setiap orang dapat mencetak foto berkualitas bagus tanpa harus pergi ke tempat percetakan.

Sebab pengguna bisa memanfaatkan beberapa aplikasi cetak foto terbaik yang dirancang khusus untuk editing dan printing.

Rekomendasi Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran Terbaru

Ingin mengedit foto agar kelihatan lebih menarik, kemudian mencetaknya? Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi software editing dan cetak foto semua ukuran yang bisa dijadikan referensi:

1. PIXLR

Sedang mencari aplikasi cetak foto yang kompatibel dengan berbagai jenis perangkat? PIXLR bisa menjadi pilihan paling tepat.

Selain dapat diakses secara online maupun offline. PIXLR juga mendukung banyak perangkat, mulai dari PC/Laptop hingga smartphone Android.

Aplikasi ini juga sangat ramah bagi pemula karena mengusung desain antarmuka yang simple. Di samping itu, pengguna tidak harus memiliki skill editing tingkat tinggi.

Sebab PIXLR telah dibekali fitur edit otomatis dan praktis. Setelah selesai edit, pengguna bisa langsung mencetaknya.

2. Picasa

Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran

Bagi yang sedang mencari aplikasi cetak foto gratis namun memiliki fitur-fitur handal, maka Picasa wajib masuk dalam bucket list.

Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat dioperasikan pada perangkat PC/Laptop dengan sistem operasi Windows.

Picasa hadir dengan segudang kelebihan, termasuk kemudahan mengedit serta mengelola foto. Selesai di edit, foto bisa disimpan di galeri online agar bisa dilihat oleh orang-orang terdekat atau langsung dicetak kemudian dipajang dimanapun pengguna suka.

3. GIMP

GNU Image Manipulation Program (GIMP) merupakan aplikasi edit foto lintas perangkat.

Meskipun GIMP adalah aplikasi gratisan, namun kualitasnya cukup mumpuni. Tidak mengherankan apabila aplikasi ini sering dipakai untuk berbagai keperluan, termasuk membuat desain dan ilustrasi.

Aplikasi GIMP hadir dengan manipulasi serta fitur photo editor berkualitas tinggi. Pengguna juga dapat melakukan editing tingkat tinggi. Selain itu, pengguna juga bisa memilih ukuran foto di GIMP.

4. Ulead Photo Impact

Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran

Software pengolah foto yang sekaligus menawarkan fitur pengaturan foto ini bisa menjadi alternatif pilihan para profesional untuk mengedit gambar sebelum dicetak.

Pengguna juga dapat memperbaiki ketidaksempurnaan pada foto agar tampak lebih berkualitas setelah di print.

Smart app Ulead Photo Impact hadir dengan berbagai fitur handal untuk memudahkan pengguna dalam mengolah foto.

Pengguna juga dapat memanfaatkan Ulead Photo Impact untuk membuat kartu ucapan dengan gambar di dalam frame, sehingga hasil foto tampak lebih estetik.

5. PhotoScape

Aplikasi cetak foto berbagai ukuran yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah PhotoScape. Pada awalnya, fitur yang ditawarkan software ini hanya sebatas untuk mengedit foto.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman PhotoScape juga terus menambahkan fitur-fitur lain.

Sehingga wajar apabila PhotoScape masuk dalam daftar aplikasi cetak foto terbaik. Beberapa fitur andalan PhotoScape diantaranya adalah, editor, konversi RAW, cetak, dan mencetak kertas.

PhotoScape bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto dengan resolusi yang diinginkan. Pengguna juga dapat memilih jenis kertas sesuai kebutuhan. Sebelum mencetak foto, jangan lupa memberikan sentuhan editan pada foto supaya kualitasnya menjadi semakin bagus.

6. IrfanView

Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran

Aplikasi ini dapat di download secara gratis oleh pengguna perangkat PC atau laptop dengan OS Windows.

Pengguna bisa menjadikan IrfanView sebagai alternatif pilihan mengedit dan mencetak foto. Termasuk jika ingin memanipulasi foto orang lain untuk menyalurkan hobi.

Software IrfanView bisa menjadi pilihan untuk melakukan editing simple. Apalagi, aplikasi ini juga dibekali fitur-fitur mumpuni.

Setelah menyelesaikan proses pengeditan gambar dan telah mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi, silahkan langsung mengatur ukuran foto untuk dicetak.

7. Apple iPhoto

Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran

Dari namanya, sebagian orang pasti sudah bisa menebak jika aplikasi ini hanya bisa dioperasikan pada perangkat besutan Apple.

Umumnya, iPhoto adalah software default (bawaan) saat membeli komputer atau laptop dengan sistem operasi Mac. Namun, bisa juga beli aplikasi secara terpisah.

iPhoto merupakan program bermanfaat dengan sistem user interface yang mudah dipahami. Di samping itu, harga software iPhoto juga sangat bersahabat. Sehingga tidak akan membuat dompet menjadi kosong.

Software iPhoto memungkinkan pengguna melakukan penyesuaian foto secara otomatis dan mengatur gambar dalam flipbooks. Lebih dari itu, pengguna juga bisa memilih resolusi terbaik agar hasil cetakan di kertas terlihat bagus dan jernih.

8. ArcSoft

Aplikasi cetak foto berbagai ukuran ArcSoft bisa dipakai pada perangkat komputer maupun laptop dengan OS Windows.

Perangkat lunak ArcSoft diklaim mampu mencetak gambar dengan berbagai pilihan ukuran, mulai dari 2 cm x 3 cm, 4 cm x 6 cm, 1R, 3R, 5R, hingga 8R+.

ArcSoft memiliki antarmuka sederhana sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula.

Langkah-langkah penggunaannya bisa dikatakan mudah, pengguna hanya harus memilih salah satu gambar atau foto yang ingin di print. Setelah itu, pilih opsi Layout, kemudian klik Print.

Sama dengan aplikasi lain yang telah dibahas sebelumnya, ArcSoft juga menawarkan fitur Photo Editor sehingga pengguna dapat mengedit foto sebelum di print. Fitur editing yang ditawarkan diantaranya adalah, mencerahkan warna, menambahkan teks, dan lain sebagainya.

9. Paint.NET

Software Paint.NET bisa menjadi pilihan aplikasi cetak foto berkualitas yang dapat diunduh secara gratis.

Hingga saat ini, Paint.NET hanya bisa dioperasikan pada perangkat OS Windows saja. Meskipun Paint.NET adalah free app, namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap.

Terdapat fitur Undo tidak terbatas yang memungkinkan pengguna mengoreksi hasil editan, khususnya apabila terdapat bagian yang dianggap kurang tepat.

Aplikasi ini juga menyediakan pilihan kertas print matte dan glossy. Jadi, pengguna bisa pilih jenis kertas sesuai kebutuhan.

Perlu diingat, bahwa Paint.NET bukan hanya recommended untuk digunakan oleh pemula, tapi juga para profesional yang telah lama menggeluti dunia foto editing.

10. Adobe Photoshop Elements

Pengguna pemula mungkin akan mengalami beberapa kesulitan dalam mengedit foto yang akan di print menggunakan software Adobe Photoshop Elements.

Meskipun begitu, fitur yang disematkan pada aplikasi terbilang kompleks, sehingga tetap layak untuk digunakan.

Adobe Photoshop Elements bisa diakses melalui perangkat PC atau Laptop OS Windows dan MacOS. Proses pengeditan foto akan menjadi lebih mudah dengan bantuan software ini.

Bukan hanya itu, pengguna juga akan memiliki kontrol penuh dalam memilih resolusi foto berkualitas terbaik.

Pengguna bisa melakukan aktivitas edit foto, menambahkan efek manipulasi, mengatur tone warna, menghilangkan objek pada gambar, mengatur ukuran gambar, membuat kombinasi gambar, membuat sketsa gambar, membuat ikon logo, membuat efek tulisan, dan banyak lagi lainnya.

Kegiatan print foto digital menjadi lebih mudah, praktis, dan hemat dengan memanfaatkan aplikasi cetak foto berbagai ukuran.

Selain gratis, aplikasi di atas juga telah dilengkapi fitur editing kompleks yang memungkinkan para penggunanya untuk mengedit foto sesuai keinginan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text