13 Website dan Aplikasi Belajar Online Gratis yang Banyak Direkomendasikan

Pemakaian dan pengoptimalan website dan aplikasi belajar online tidak boleh terhenti meskipun pandemi berakhir. Belajar online akan menjadi metode pembelajaran masa depan yang tidak kalah kualitasnya dengan belajar offline. Saat ini sudah banyak website dan aplikasi belajar online gratis yang berkualitas.

Meskipun tidak berpredikat premium, fasilitas dan materi pembelajaran yang tersedia di website dan aplikasi belajar daring gratis tidak kalah kualitasnya.

Rekomendasi aplikasi belajar online free ini ditujukan untuk kamu para pelajar, guru, dan orang tua murid yang concern dengan kualitas pendidikan anak.

Website dan Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik

Website dan aplikasi belajar daring gratis yang berkualitas dapat dilihat dari materi dan layanan pembelajaran yang disediakan.

Semakin banyak dan bervariasi maka semakin baik. Selain itu, ketersediaan pengajar atau fasilitas sharing, baik itu diskusi maupun tanya jawab juga harus tersedia.

Berikut adalah 13 website dan aplikasi pembelajaran online gratis untuk siswa, guru, dan orang tua murid.

1. Kelas Pintar

Aplikasi Belajar Online Gratis

Sesuai dengan namanya, Kelas Pintar adalah aplikasi yang dapat dijadikan teman belajar secara online. Guru dan murid bisa mengakses materi pembelajaran di sana.

Selain itu, orang tua juga memiliki akses ke aplikasi. Kelas Pintar menyajikan materi pembelajaran dari kurikulum terbaru dengan cara yang interaktif.

2. Brainly Indonesia

Brainly merupakan aplikasi pembelajaran dengan jumlah unduhan yang cukup banyak banyak. Brainly Indonesia merupakan aplikasi yang menyediakan banyak mata pelajaran untuk dipelajari.

BACA JUGA  Post TikTok Agar FYP

Komunikatif, Brainly bisa digunakan oleh siswa SD sampai SMA. Fitur tanya jawab yang tersedia di sini cukup populer.

3. Icando

Icando adalah salah satu aplikasi belajar online gratis yang direkomendasikan oleh Kemendikbud. Icando menyediakan minigames yang selain menarik juga memiliki fungsi mengoptimalkan semangat belajar siswa. Icando adalah aplikasi yang lebih diperuntukkan untuk siswa PAUD yang masih anak-anak.

4. Meja Kita

Selain untuk pembelajaran, aplikasi Meja Kita bisa juga digunakan untuk ruang dan forum diskusi. Karena adanya fasilitas tersebut, aplikasi ini cocok digunakan untuk kamu yang senang berorganisasi dan berdebat. Sesi tanya jawab akan optimal di sini. Meja Kita cocok untuk siswa SD sampai SMA dan SMK.

5. NF Juara

Salah satu aplikasi latihan soal gratis yang banyak direkomendasikan adalah NF Juara. Aplikasi tersebut menyediakan banyak latihan soal yang bisa kamu manfaatkan dengan baik sebelum melakukan try out atau ujian. Selain latihan soal, kamu juga bisa mengakses analisis dan metode menyelesaikan masalah.

6. Rumah Belajar

Kemendikbud mengembangkan dan memiliki aplikasi Rumah Belajar. Aplikasi tersebut menyediakan beragam fasilitas pembelajaran mandiri, seperti buku elektronik, sumber belajar, karya sastra serta bahasa, dan laboratorium maya. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan, baik untuk murid maupun guru.

7. Sekolahmu

Aplikasi untuk belajar online gratis selanjutnya adalah Sekolahmu. Sekolahmu bisa diakses secara gratis oleh para pelajar.

Di sana, kamu bisa melakukan layanan live streaming yang sesuai dengan jenjang pendidikanmu. Ada banyak program pembelajaran menarik yang sesuai dengan kurikulum yang diminta.

8. MBO (Media Belajar Online)

MBO (Media Belajar Online) adalah tempat berbagi ilmu pengetahuan dan mengembangkan diri secara mandiri.

Di MBO, kamu tidak hanya mendapatkan akses ke beragam sumber belajar berbasis teks, tetapi juga mendapatkan akses ke media belajar berbasis video. Pembelajaran berbasis audio juga tersedia.

BACA JUGA  7 Aplikasi Convert Video di HP Android dan Laptop

9. Zenius

Zenius adalah salah website dan aplikasi belajar online gratis yang banyak dikenal. Zenius cocok digunakan pelajar SD sampai SMA.

Melalui Zenius, kamu yang sedang bersiap memasuki perguruan tinggi bisa mengakses beragam latihan soal yang jumlahnya banyak dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

10. Kipin School 4.0

Aplikasi Kipin School 4.0 memberikan materi pembelajaran untuk siswa di jenjang SD sampai SMA. Aplikasi dengan nama yang unik ini juga menyediakan buku elektronik dan banyak latihan soal yang akan meningkatkan kualitas belajar. Aplikasi ini cocok digunakan untuk menguji kemampuan para pelajar.

11. Google for Education

Pasca dan selama pandemi Covid-19, Google merilis fitur yang akan mendukung dan memudahkan kegiatan belajar mengajar pelajar di rumah.

Fitur tersebut adalah Google for Education. Aplikasi tersebut menyediakan beberapa layanan, seperti G-Suite dan Chromebook. Aplikasi termasuk ringan digunakan.

12. Cerebrum

Aplikasi Belajar Online Gratis

Jumlah website dan aplikasi belajar daring gratis memang sudah banyak. Salah satu yang aplikasi yang mendapatkan rekomendasi adalah Cerebrum.

Aplikasi ini tidak hanya mampu menjadi tempat belajar yang baik, tetapi juga mampu menyediakan layanan konsultasi, penjurusan, dan termasuk banyak latihan soal.

13. IndonesiaX

IndonesiaX sudah eksis sejak tahun 2015 lalu. Aplikasi ini bekerja seperti kursus daring dimana pelajar akan berhadapan dengan instruktur dan guru terbaik di bidangnya.

IndonesiaX menyediakan layanan gratis. Hadirnya aplikasi ini berusaha mempersempit jarak kualitas dan kesenjangan dalam belajar.

Meskipun website dan aplikasi belajar online gratis sudah banyak yang berkualitas, pembelajaran tatap muka masih perlu dilakukan.

Jika aplikasi belajar berbasis internet mampu mengasah kognitif pelajar, maka pembelajaran tatap muka mampu mengasah mental dan budaya. Keduanya harus dijalankan seimbang.