Rekomendasi Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, pengelolaan administrasi sekolah kini bisa dilakukan dengan aplikasi administrasi sekolah gratis secara digital. Secara umum, aplikasi tersebut berbasis excel yang dapat digunakan, baik itu secara online maupun offline.

Seperti yang telah diketahui, administrasi menjadi salah satu aspek penting dalam berjalannya sistem pendidikan di sekolah. Jika dikelola dengan baik, maka akan memberikan hasil dan pelayanan yang baik pula bagi pihak-pihak yang terkait.

6 Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik

Kecepatan dan ketepatan dalam menyajikan informasi dan data, menjadi aspek penting agar administrasi dapat dikelola dengan baik.

Nah, jika dulunya administrasi dilakukan secara manual, kini ada beberapa software administrasi sekolah gratis yang akan mempermudah pekerjaan tersebut.

1. Fedena

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis

Rekomendasi yang pertama ada Fedena, sebuah aplikasi manajemen sekolah yang bersifat open source. Perangkat lunak yang satu ini, menyediakan berbagai macam fitur yang dibutuhkan untuk mengelola administrasi sekolah.

Bukan hanya mengenai informasi dari siswa saja, namun aplikasi ini benar-benar sanggup menangani pengelolaan data lainnya.

Menariknya, tidak ada batasan jumlah administrator dan juga siswa yang bisa masuk di dalam sistemnya. Bahkan jenis dan jumlah mata pelajarannya juga tidak dibatasi.

Desain dari Fedena yang menggunakan sistem Ruby on Rail, memungkinkan sekolah untuk bisa menggunakan kode-kode sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Beberapa sistem yang ada di aplikasi ini, meliputi manajemen keuangan, personalia, login siswa, ujian, hingga login orang tua.

2. Fekara

Fekara merupakan software untuk administrasi sekolah yang berbasis website. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, akan tetapi mengharuskan para pengguna untuk mendaftar atau registrasi dulu. Keunggulan dari Fekara, yakni tampilan dashboard yang terlihat modern dan terkesan bersih.

BACA JUGA  13 Website dan Aplikasi Belajar Online Gratis yang Banyak Direkomendasikan

Walaupun begitu, pengguna akan menemukan berbagai macam fitur yang mampu mendukung keperluan administrasi sekolah.

Di antaranya seperti penganggaran dana, pengiriman pesan kepada staf, pembuatan tes atau ujian, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini menyediakan versi mobile yang bisa diinstall dan digunakan di smartphone, sehingga para pengguna bisa lebih mudah untuk mengelola data di dalamnya. Nah, Fekara ini juga menyediakan versi premium untuk menghilangkan batasan-batasan yang ada.

3. OpenSIS

Rekomendasi aplikasi administrasi untuk sekolah gratis yang berikutnya, adalah OpenSIS. OpenSIS sendiri adalah sebuah aplikasi yang bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini menghadirkan layanan untuk mempermudah administrasi di berbagai jenjang pendidikan.

Bisa dibilang jika OpenSIS lebih cocok digunakan untuk sekolah kecil, yang mempunyai staf khusus IT yang memiliki tugas untuk mengelola program tersebut. Untuk versinya gratisnya, aplikasi ini sudah mampu memberikan fitur dan layanan yang lebih dari cukup.

Misalnya saja seperti medical record, print storage, demografi, absensi, grade book, penjadwalan, serta custom report.

Akan tetapi, kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak tersedianya fitur-fitur penting seperti faktur, portal kelas, hingga laporan berskala besar.

4. Gibbon

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis

Hampir seperti beberapa aplikasi administrasi sekolah yang sudah disebutkan sebelumnya, Gibbon juga mampu memberikan layanan dan fitur yang sangat dibutuhkan oleh guru. Aplikasi ini memiliki keunggulan dari fitur-fiturnya yang terbilang sangat lengkap.

Mulai dari manajemen personalia, tool administrasi dan keuangan, pembuatan faktur, penggajian, penjadwalan dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini, orang tua murid bisa melihat hasil penilaian serta buku nilai dengan mudah.

Akan tetapi, banyak yang mengatakan jika penggunaan dari Gibbon ini cukup sulit, terlebih lagi untuk orang awam.

BACA JUGA  9 Aplikasi Pembuat Doodle Art Terbaik di Android

Ya, bagi yang sudah paham dengan pemrograman, mungkin tidak menjadi masalah. Namun untuk guru dan orang tua yang tidak tahu, tentu saja hal ini merupakan masalah tersendiri.

5. EdConnect

EdConnect menjadi aplikasi administrasi sekolah gratis yang cocok digunakan untuk SD, SMP, serta SMA. Beberapa fitur inti yang ditawarkan dalam aplikasi ini, antara lain seperti kontrol akses, absensi, impor dan ekspor data, pembuatan laporan, sistem notifikasi formulir, hingga penilaian siswa.

EdConnect sendiri tersedia dalam dua versi, yakni versi Lite dan Enterprise. Untuk versi Lite, lebih ditujukan bagi para guru supaya bisa paham akan layanan EdConnect dengan cepat.

Sementara untuk yang Enterprise, lebih ke penggunaan secara total bagi yang sudah benar-benar paham dengan aplikasi ini.

6. SmartSchool

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis

Terakhir ada SmartSchool, aplikasi administrasi sekolah buatan anak dalam negeri. Versi full dari aplikasi ini, menghadirkan manajemen sekolah dengan 4 lingkup pekerjaan yang berbeda-beda.

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa tampilan interface yang ramah serta penggunaan bahasa Indonesia.

Jadi bagi guru, staf, murid, dan orang tua tidak perlu takut salah saat ingin membuka menu atau layanan. Bisa dibilang jika untuk saat ini mulai banyak sekolah yang beralih ke SmartSchool, kemudahan dan layanan terbaik yang diberikan olehnya.

Pemilihan aplikasi administrasi untuk sekolah yang tepat memang sangat dibutuhkan. Nah, bagi yang bingung mau pilih yang mana, silahkan pahami dulu beberapa aplikasi administrasi sekolah gratis di atas, lalu tentukan aplikasi mana yang terbaik untuk sekolah kamu.