Apa Perbedaan RAR dan ZIP?

Perbedaan RAR dan ZIP – Apakah sudah pernah mencoba mencoba kompres file di dalam satu tempat? Jika Anda sudah pernah mencobanya pasti Anda sudah familiar dan mengerti dengan kedua tipe file ZIP dan RAR.

Kedua jenis program file ini merupakan program file kompresi yang membuat beberapa file dijadikan dalam satu file dengan size yang lebih kecil.

Sehingga ZIP dan RAR ini dapat membuat Anda para pengguna lebih mudah dalam memindahkan, mengunggah hingga mengunduh suatu file dalam satu paket.

Hal ini dikarenakan size dari file tersebut akan lebih kecil dibandingkan dengan memindahkan, mengunggah, mengunduh file satu persatu.

Ukuran file yang kebih kecil tersebut didapatkan dari pengompresan file setelah kumpulan file tersebut Anda kumpulkan menjadi satu paket tipe file, baik itu ZIP ataupun RAR.

Perbedaan RAR dan ZIP yang perlu Anda Ketahui

Sebenarnya kedua tipe tersebut memang disengaja dibuat oleh para uploader agar proses pengunggahan lebih mudah dan saat download pun akan cepat.

Namun, apakah ZIP dan RAR merupakan satu jenis file yang sama? Meskipun keduanya memiliki kesemaan fungsi, namun yang perlu Anda ketahui, kedua jenis filer tersebut ternyata memiliki perbedaan.

Lalu apa saja perbedaan RAR dan ZIP?

1) Kemudahan Ekstraksi

Perbandingan RAR dan ZIP

Perbedaan diantara kedua jenis file, yang pertama adalah dapat Anda lihat dari kemudahan dalam ekstrasi.

Dalam mengekstrasi file RAR maupun ZIP, Anda membutuhkan suatu program ekstrasi tertentu. Pada umumnya untuk file yang menggunakan ZIP, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi khusus.

Hal ini dikarenakan sudah banyak platform yang dapat melakukan ekstrak file yang menggunakan format ZIP. Sedangkan untuk file yang menggunakan format RAR, Anda harus menggunakan aplikasi tertentu agar dapat membuka file tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan Anda harus memasang aplikasi khusus baik pada komputer, laptop maupun smartphone Anda apabila Anda ingin membuka yang tersimpan dalam file RAR.

Biasanya, format RAR ini dapat Anda buka menggunakan aplikasi Winrar dan aplikasi jenis lainnya yang dapat membantu Anda untuk membukanya.

Maka dari itu, kebanyakan orang memilih ZIP untuk media mengkompres file.

2) Kecepatan Kompresi

Perbedaan RAR  dan ZIP 2

Perbedaan RAR dan ZIP yang kedua yaitu berdasarkan proses kecepatan kompresi file atau data. Untuk masalah kecepatan, ZIP lebih baik dibandingkan dengan RAR.

Hal ini dikarenakan, ZIP bisa mengkompresi beberapa file dengan jangka waktu yang sangat cepat. Jadi, format ZIP ini memang mengutamakan sisi kecepatan kompresi dari pada hasil kompresinya.

Meskipun file tersebut dikompres dengan cepat oleh ZIP namun, Anda tidak perlu khawatir jika file Anda rusak atau hilang.

Hal ini dikarenakan format ZIP ini telah didesain sedemikian rupa agar file data tidka mengalami kerusakan.  Perbedaan tersebut juga dapat Anda lihat dari batas kompresi.

Untuk masalah batas kompresi, RAR ini jauh lebih unggul atau besar dibandingkan dengan ZIP.Untuk batasan RAR sendiri yakni sekitar 8.598.935.591 GB.

Sedangkan format ZIP, hanya memiliki batas kompresi hanya mencapai 2 GB. Selain itu format RAR juga dapat mengkompresi file hingga 70% dari file aslinya.

Sedangkan, ZIP,hanya bisa dikompres sekitar 60% dari file aslinya.

3) Keamanan

keamanan file kompresi

Perbedaan ZIP dan RAR yang selanjutnya yaitu berdasarkan segi keamanan.

Baik ZIP ataupun RAR sebenarnya memiliki kesamaan, yakni sama-sama melindungi file. Akan tetapi, cara kerja keduanya bekerja sangat berbeda dalam melindungi file tersebut.

Pada RAR, sistem pelindung file membutuhkan password dari pertama kali diunduh pada perangkat keras Anda.

Sedangkan fomat ZIP, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan proteksi file menggunakan password.

Leave a Comment