apa itu firewall
tisucoding.com

Apa Itu Firewall: Pengertian, Manfaat dan Karakteristik

Apa itu Firewall? Firewall komputer adalah sebuah program perangkat lunak yang berfungsi untuk mencegah akses ilegal dari atau ke jaringan pribadi. Beberapa orang mungkin masih bingung dengan apa itu firewall dan apa fungsinya untuk komputer.

Berikut adalah beberapa pengertian dari firewall, manfaat, karakteristik, dan cara kerjanya.

Penjelasan Firewall dan Fungsinya

1. Pengertian Firewall

Pengertian Firewall
Penjelasan Pengertian Firewall

Secara umum, firewall merupakan perangkat lunak yang menjadi sistem keamanan jaringan komputer. Sistem pengaman ini dibutuhkan untuk melindungi komputer dari berbagai bahaya atau ancaman komputer luar.

Firewall dapat mengontrol dan juga memonitor lalu lintas sebuah jaringan komputer, baik yang masuk maupun keluar.

Sistem pengaman ini  merupakan salah satu bagian integral untuk melindungi komputer dari jaringan yang terhubung, seperti jaringan LAN atau yang biasa disebut internet.

Jadi, apa yang dimaksud firewall? Secara sederhana, firewall adalah alat pengaman untuk komputer dari berbagai serangan, khususnya yang dapat muncul dari jaringan yang terhubung ke komputer. Dalam definisi lain bisa disebut dengan sistem yang melindungi komputer.

Firewall dapat diinstal pada jaringan untuk mengontrol lalu lintas yang terjadi pada sebuah perangkat komputer. Selain itu, terdapat pula firewall yang berbasis host yang ada pada sistem itu sendiri.

Salah satu firewall berbasis host adalah Internet Connection Firewall atau ICF yang menyediakan kebijakan kontrol akses untuk melindungi komputer.

2. Karakteristik firewall

Firewall dapat mendukung pengamanan untuk komputer dengan karakteristiknya sebagai berikut.

  • Firewall harus dapat dilewati aktivitas komputer dengan pengaturan di bagian access policy untuk keamanan lokal.
  • Seluruh aktivitas komputer harus melalui firewall agar dapat dideteksi dengan baik.
  • Firewall harus kuat dari berbagai serangan yang dapat masuk melalui jaringan yang terhubung ke komputer.

3. Manfaat firewall

Apa itu firewall
Penjelasan Manfaat firewall

Bagi kebanyakan orang, firewall dikenal sebagai pengaman untuk melindungi komputer dari malware. Fungsi dari firewall ini memang untuk pengaman komputer dari serangan komputer lain yang mungkin dapat masuk melalui jaringan internet. Untuk lebih mengetahui tentang Apa itu firewall? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

  • Melindungi komputer dari akses tidak sah

Komputer dapat diambil alih oleh komputer lain yang mungkin dilakukan oleh ulah hacker. Seseorang bisa saja mengambil kendali jarak jauh dan mengakses komputer Anda tanpa menyentuhnya langsung.

Hal tersebut tentunya berbahaya, maka dari itu untuk mencegahnya digunakan fungsi firewall. Sistem pengaman ini bermanfaat untuk menonaktifkan akses komputer jarak jauh sehingga tidak bisa dibajak atau menjadi korban serangan hacker.

  • Mengamankan komputer saat mengakses internet

Apa itu firewall dan manfaatnya untuk komputer. Manfaat firewall selanjutnya adalah untuk pengaman komputer saat Anda menghubungkannya ke jaringan internet.

Ancaman malware dapat masuk ke sistem komputer melalui jaringan internet yang Anda gunakan. Hal tersebut dapat membahayakan karena bisa saja malware digunakan untuk masuk ke sistem komputer dan mengaksesnya secara ilegal.

  • Memblokir pesan link yang tidak diinginkan

Tautan yang muncul di halaman internet Anda bisa digunakan untuk mengarahkan ke konten berbahaya. Ancaman tersebut siap menyerang komputer-komputer yang tidak mengaktifkan sistem pengaman. Untuk mencegahnya, maka firewall dapat diaktifkan pada perangkat komputer Anda.

4. Cara kerja firewall

cara kerja firewall
Penjelasan cara kerja firewall

Semua yang masuk dan keluar dari perangkat komputer dapat dimonitor oleh sistem firewall. Untuk lebih jelas memahami apa itu firewall dan seperti apa cara kerjanya, berikut adalah cara firewall mengontrol aktivitas komputer.

  • Layanan proxy

Firewall dapat mengambil informasi proxy untuk kemudian dikirim ke sistem yang diminta dan begitu juga sebaliknya.

  • Filter paket (potongan kecil data)

Paket akan dianalisis dengan satu set filter yang kemudian dikirim ke sistem. Paket yang dikirim hanyalah paket yang lolos, sedangkan yang lainnya akan dibuang.

5. Jenis-jenis Firewall

Jenis-jenis Firewall
Penjelasan Jenis-jenis Firewall

Setelah mengetahui apa itu firewall? Selanjutnya adalah jenis-jenis firewall yang digunakan untuk pengaman komputer. Terdapat 2 jenis firewall yang disebut personal firewall dan network firewall.

  • Personal firewall

Jenis firewall ini didesain untuk mengamankan komputer yang terhubung ke jaringan internet. Cara kerja dari persona firewall antara lain sebagai anti virus, anti spam, anti malware, dan anti spyware. Contoh dari personal firewall adalah WFAS atau firewall with advanced security yang terdapat pada komputer windows.

  • Network firewall

Jenis firewall yang satu ini paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Sistem firewall dapat melindungi komputer secara keseluruhan dengan cara kerja yang hampir sama seperti personal firewall.

Namun untuk network firewall ini memiliki fitur yang lebih lengkap seperti NAT gateway, circuit level gateway, dan application level gateway. Teknologi routing sistem network firewall dapat memberi kontrol untuk izin atau menolak paket.

Contoh dari jenis network firewall antara lain adalah Palo Alto Firewall, Cisco ASA, Checkpoint Firewall, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal mengenai firewall yang digunakan sebagai pengaman komputer. Jadi dapat disimpulkan pengertian dari apa itu firewall, yaitu alat pengaman yang melindungi komputer dari berbagai serangan komputer lain.

Rendra Giovani
Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan